Open top menu

Jaringan Komputer
 Adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web)


Jaringan komputer sendiri dibagi menjadi 4 bagian yaitu:
  1. PAN
  2. LAN
  3. MAN
  4. WAN

Jaringan PAN itu sendiri adalah jaringan komunikasi satu perangkat lain dengan perangkat lainnya dalam jarak sangat dekat, hanya dalam beberapa meter saja.

Contoh Penggunaan Jaringan PAN Menghubungkan HP dengan Laptop menggunakan Bluetooth.Menghubungkan mouse dengan Laptop menggunakan Bluetooth.Menghubungkan Printer dengan Laptop menggunakan Bluetooth 

Jaringan LAN itu sendiri adalah  jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. 
 LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut : 
1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi 
2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit 
3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi   

Jaringan MAN itu sendiri adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Berikut adalah karakteristik MAN yaitu: 


1.  Meliputi area seluas antara 5 dan 50 kisaran km. Banyak MAN mencakup area  perkotaan. 
2.  Sebuah MAN (seperti WAN) umumnya tidak dimiliki oleh satu organisasi. MAN, komunikasi linknya dan peralatan, umumnya dimiliki oleh salah satu konsorsium pengguna atau oleh penyedia layanan jaringan yang menjual pelayanan kepada pengguna. 
3.  MAN sering bertindak sebagai jaringan kecepatan tinggi untuk memungkinkan berbagi sumber daya daerah. Hal ini juga sering digunakan untuk menyediakan koneksi bersama untuk jaringan lain dengan menggunakan link ke WAN.  

Jaringan WAN itu sendiri adalah jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan computer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat diidefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. Internet merupakan contoh dari jaringan WAN ini Jika Wide Area Network sudah mencakup area intercontinental maka disebut jaringan informasi global atau internet.   


UNTUK LEBIH LENGKAP BISA DOWNLOAD DISINI>>>>>Buku Jaringan Dasar
Different Themes
Written by Yusuf Afif Saifudin

Kesenangan dalam dunia internet, memacu aku untuk berbagi pengetahuan dan sebatas berkumpul dengan teman-teman atau hanya bermain game online Usup~.

0 komentar